12 Februari 2009

Event four:

(the meaning events)



Peristiwa tinggallah kenang
Keabadian menunjuk makna
Sisakan waktumu ‘tuk merenung
Carilah keotentikan itu …
Temukan dalam peristiwa bermakna



Membangun masa depan bukanlah sekedar membalik telapak tangan, dan kita tinggal mengatakan sim salabim abra kadabra ... Masa depan adalah suatu keinginan dan harapan bagi hidup dan kehidupan ideal masa datang. Tak ada yang dapat menjangkaunya, tak ada yang dapat melaluinya tanpa berpijak pada hari ini dan masa lalu. Masa depan tentu berdiam dalam tempat dan waktu yang direka-reka, yang dibayang-bayang. Adalah tugas kita menyambutnya dengan tangan terbuka dan pikiran yang cerah. Masa depan adalah kehidupan kita yang belum terjadi.

Kaliurang, Tawangmangu, Papringan, dan tempat-tempat yang menyediakan waktu untuk kita adalah peristiwa-peristiwa bermakna yang keberadaannya tak dapat dipisahkan dari perjalanan hidup dan cinta kita. Mereka adalah meaning event yang senantiasa mengajarkan kita tentang hidup, cinta, dan harapan-harapan. Karena mereka jualah kita dapat berbagi perasaan dan pikiran, menyatukan visi dan tujuan kemana kita akan melangkah. Singkarnya, meaning event adalah penyebutan lain dari rinisance communities.

Kata pepatah: pengalaman adalah guru terbaik karena di sanalah kita dapat menimba kearifan dan belajar untuk masa depan. Pengalaman dapat berupa apa saja; ia bisa tempat, ia mungkin adalah kata-kata atau bahkan menjelma menjadi kebisuan.. kesatupaduan ini adalah misteri yang membutuhkan interpretasi, keberadaannya selalu ditafsir dan direnungkan maknanya, dan begitu seterusnya… belajarlah memaknai hidup dari pengalaman-pengalaman yang telah lalu. Bersamanya kita bangun hidup yang terus baru, bersamanya kita maknai peristiwa demi peristiwa, bersamanya kita abadi menjadi sepasang sejoli yang tak lekang oleh waktu dan lapuk oleh jaman.

Keberadaan suatu masa sangat ditentukan oleh keberadaan kita yang selalu menafsir dan memaknai pengalaman itu menjadi satu-satunya pendamping yang tak henti-hentinya memberi inspirasi dan kekuatan untuk berbuat, bertindak, dan mengamalkan setiap keyakinan yang kita peroleh dari serpihan-serpihan dan penggalan waktu dan peristiwa. Tanyakan pada mereka apa yang telah terjadi dan apa yang akan terjadi. Mengadulah pada mereka, apa yang menjadi tangisanmu dan apa yang akan kau tangisi. Janganlah berhenti bertanya, dan jangan berhenti pula mencari jawabnya.

Hari esok akan cerah,
bukan terletak pada
setiap waktu yang terus mengalir
Tapi pada diri kita
yang mampu menemukan
makna terdalam dari peristiwa-peristiwa bermakna
dan melihatnya sebagai anugerah cinta

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar